Selasa, 18 Januari 2011

Tentang Symbian^3

Kelebihan Symbian^3(S^3)???
Kalau kekurangan sih banyak, oke deh, ane coba review, dipaksa2in cari kelebihannya.
Symbian adalah salah satu OS mobile paling ringan yang pernah dibuat, karakternya mirip dengan Palm OS jadul, dimana tidak butuh hardware tinggi untuk bisa menjalankan semua fiturnya. Mungkin di sini ada yang pernah pakai Nokia 3650 atau N-Gage jadul, nah itu Symbian 6.1 bisa berjalan dengan mulus cuma modal procie 104 MHz & RAM 8 MB.
Makanya kalau ada yang bilang, Nokia N8 kok lemot ya, procienya cuma 680 MHz, kalah sama Nexus One yang 1 GHz, itu kelihatan ASBUN (asal bunyi), kelihatan kalau itu orang nggak pernah belajar Dasar Ilmu Komputer. Mungkin bekas pengguna “buah2an”, jadi dimaklumi aja.
Akibat dari platform hardware yang lebih rendah itu, konsumsi daya smartphone Symbian bisa lebih rendah daripada smartphone OS lain. Boleh ditest, dalam kondisi standby, smartphone Symbian bisa bertahan lebih lama daripada misalnya smartphone Android atau iPhone.
Sejak pertama direlease, Symbian adalah raja & pelopor dari multitasking pada OS mobile (alias yang lain sebenarnya cuma ikut2an). Hampir semua aplikasi bisa dijalankan bersamaan asal RAM mencukupi. Berbeda dengan “buah2an” yang membatasi multitasking hanya pada aplikasi2 tertentu. Kelebihan ini hanya bisa disamai oleh OS Android.
Symbian paling terbuka untuk urusan personalisasi. Berbeda dengan “buah2an” yang hanya mengijinkan aplikasi diinstall dari application store, Symbian bisa menerima banyak format aplikasi (SIS, SISX, WGZ, JAR, SWF) baik lewat Ovi Store, atau yang berasal dari luar (termasuk yang kracked) dengan mentransfernya ke handset.
Ngoprek Symbian paling gampang, nggak terlalu banyak step ataupun mesti “adu nyali” dengan utak-atik registry seperti di Windows Mobile. Update firmware bisa dilakukan sendiri lewat NSU atau lewat OTA langsung di handset. Modding tinggal install file modnya yang sudah dipacked ke SIS installer. Hacking juga gampang, mau pakai CFW bisa, tanpa harus menghanguskan garansi seperti di iPhone or Android. (BY y_dizz)


Sampai sekarang sudah ada 4  handphone yg ber-OS S^3 atau Symbian^3.Yaitu N8,C7,C6-01(beda dengan c6),dan E7.Semoga di tahun ni akan muncul hp ber-OS S^3 lagi…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar